Rss Feed
  1. insomnia (AGAIN)

    23 Januari 2013

    Gua insomnia nih, bayangin aja 4 hari berturut-turut gua insomnia...

    Badan gua jadi pada pegel-pegel, mata panda, dan lain lainnya.

    Gua cuma tidur kira-kira 5 jam dalam sehari, tidur siang juga gak bisa.. Malem tidur gua dari jam 9 cuma sampe jam 2 dari jam 2 bablas jam 4 atau setengah 5an baru bisa tidur lagi, apa gak GILA!!

    Gua liat di internet beberapa tips penyembuhan insomnia menurut WHO :


    1. Berbaring di tempat tidur ketika benar-benar ingin tidur. Tetapi usahakan pada waktu yang sama ketika akan pergi tidur.
    2. Jangan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain selain untuk tidur. Aktivitas lain seperti membaca, nonton TV, makan, telepon. Kebiasaan menggunakan ranjang untuk aktivitas lain membuat kebiasaan untuk terjaga ketika berbaring di ranjang.
    3. Pasang alarm untuk bangun pada waktu yang sama. Tanpa memandang lama waku tidur malam.
    4. Usahakan untuk tidak tidur siang.
    5. Jangan meminum alkohol sedikit pun. Alkohol dapat membuat tidur gelisah.
    6. Jangan mengkonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein atau obat mengandung kafein beberapa jam sebelum waktu tidur. Karena kafein sebagai stimulan, dapat meningkatkan denyut jantung sehingga tubuh dapat terjaga sepanjang malam.
    7. Jangan merokok beberapa jam sebelum tidur. Rokok mengandung nikotin yang dapat meningkatkan semangat karena berefek sebagai neurostimulan.
    8. Olahraga pada sore hari (6 jam sebelum tidur). Latihan peregangan otot atau jalan kaki secukupnya selama 20 menit. Hal ini akan meningkatkan metabolisme dan suhu badan, lalu akan menurun sekitar 6 jam kemudian yang berefek pada tidur yang nyenyak.
    9. Sediakan waktu transisi untuk tidur degan mengurangi tingkat aktivitas sebelum tidur, hilangkan rasa cemas akan pekerjaan yang belum selesai, hari esok dan pikiran lainnya. Melakukan akivitas dengan tenang dan santai.
    10. Membersihkan diri sebelum tidur, memastikan pintu telah terkunci, dan menyesuaikan pencahayaan lampu, supaya merasa aman dan nyaman pada saat tidur.
    11. Memastikan tidak ada cahaya terang atau suara yang dapat mengganggu dan pastikan suhu ruang tidur nyaman.
    12. Keadaan lapar atau setelah makan banyak dapat menghambat tidur. Bagaimanapun jika merasa lapar sebaiknya makan makanan kecil atau minum segelas susu hangat sangat tepat untuk mengatasi masalah ini.

    Semoga bisa bantuin deh temen-temen blogger yang insomnia... -____-"

    Keep Spirit buat tidur nyenyak di malam hari !!
    |


  2. 0 comments:

    Poskan Komentar