Rss Feed
  1. Haii bloger.. udah lama juga nih gak nulis-nulis..

    Sebelum memulai gua mau ngucapin "Minal Aidzin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin yaa.." karena sekarang adalah bulan ramadhan 1435 H dan udah mendekati waktu Eid-ul Fitri yang kita nanti-nantikan bersamaaa! Yayyy..

    Alhamdulillah, tahun ini gua bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal dan insya allah khusuk. Karena gak sibuk juga dan lebih banyak waktu di rumah daripada diluar. Tahun ini gua bisa jalanin puasa dengan nyaman dan damai tanpa kesibukan yang luar biasa, jadi patut untuk di syukuri. Nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan??

    Kalo inget Ramadhan tahun kemarin tepatnya Ramadhan 1434 H / tahun 2013 silam, gua emang harus bersyukur untuk ramadhan tahun ini. Karena, ramadhan tahun kemarin adalah sebenar-benarnya 'perang' bagi gua. Kenapa?? hehehe yuk ah kita mulai ceritanya.. ;)

    Ramadhan 1434H.
    Ramadhan tahun kemarin tepatnya 2013 silam, merupakan momen-momen dimana gua menjalankan jihad. Gua berperang melawan hawa napsu sekaligus berperang dengan skripsi gua yang bisa bikin iman kita goyah. Gak percaya? That's seriously..

    Pada tahun 2013 kemarin, gua berencana untuk mengakhiri study gua, yang emang sebagian besar mahasiswa tingkat akhir itu udah boleh untuk menjalankan sidang. Gua bertiga dengan sahabat seperjuangan gua rencananya akan sidang tahun itu juga, supaya 'plong' alias bisa cepet lulus tahun itu juga (2013).

    -Mencari Masalah & Judul-

    Semester akhir itu sebelum kita daftar bimbingan semua mahasiswa tingkat akhir WAJIB mencari 'masalah' atau penelitian didalam sebuah perusahaan yang akan dijadikan judul untuk di angkat ke dalam karya ilmiahnya (SKRIPSI). Semuanya harus mengajukan 'JUDUL SKRIPSI' yang kita pilih masing-masing kepada Kepala Jurusan dan Sekretaris Jurusan. Pada saat nentuin judul itu puyeng dan stressnya gak main-main! Kita harus bener-bener tau masalah atau penelitian apa yang akan kita angkat dan kita selesaikan. Karena SKRIPSI itu kan' kita yang nentuin sendiri, jadi kita yang bertanggung jawab atas skripsi kita itu, GAK AKAN ADA BANTUAN !! Yang bisa bantu yaa niat kita sendiri..

    Pada saat penentuan judul itu, kita diwajibkan konsultasi ke 'dosen tetap kampus' yang kita benar-benar percayai bisa membimbing kita dan memotivasi kita. Kalo gua dan anak-anak dulu itu deketnya sama dosen tetap kampus yang udah bertahun-tahun ngajar sekaligus nguji mahasiswa yang di sidang. Namanya Pak Budi. Orangnya jiwa muda banget dan bisa membimbing kita, jadi anak-anak gak segen-segen nanya bolak-balik sama beliau.

    Gua berkali-kali nentuin judul, parahnya gak pernah ada yang di ACC !!. Tips yang pertama saat kita nentuin judul skripsi, kita harus yakin banget dan tauu banget masalah dari perusahaan yang kita pilih, atau kita mesti tauu banget kita mau meneliti apa di perusahaan tersebut, kita harus paham sama alur / bagaimana perusahaan itu bergerak, kemana arahnya, darimana barangnya, bagaimana sistemnya . Singkatnya, kita harus bener-bener suka melakukan penelitian di tempat tersebut. Katanya sama dengan ujikom di SMK jadi santai aja.. Kata siapa?? BEDA banget! Temen-temen gua tamatan SMK yang bersaksi..

    Pertama, gua nentuin judul untuk di aplikasi perpustakaan, selanjutnya karena gak di acc gua nentuin lagi judul di aplikasi tempat fotokopian, gak di acc pula gua nentuin judul lagi di tempat aplikasi service motor, teruuusss aja tuh ganti-ganti sampe otak ngebul kayak knalpot kebanyakan oli! Gua rasa kalo gak niat banget orang bakalan nge-DO dirinya sendiri! HAH!!!! Gua-pun bersama anak-anak jadi sering buanget mampir di perpustakaan, sama perpustakaan jadi sahabatan.. Yaa iyeeulah, dimana lagi tempat dapet ilham???

    Setelah mendapat pencerahan, gua-pun nentuin judul aplikasi di koperasi simpan pinjam tempat abang gua bekerja. Meskipun gua gak ngerti alurnya.. hohoho abis yang gampang semua gak di acc!! Dengan terpaksa gua mengajukan judul itu karena MENTOK! Dan alhasil..... di ACC dengan mudah ! -__-"

    -Membuat Proposal atau Semi Skripsi-

    Setelah gua acc judul, gua harus bikin proposal atau semi skripsi. Artinya skripsi tapi singkat banget dan hanya inti sari-nya aja yang kita tulis, hanya penulisan saja jadi program gak di tulis. Disitu, kita harus nulis ringkasan BAB I sampai BAB V kalo gak salah, karena gua komputer, jadi BAB VI ke atasnya itu udah sistem dan aplikasi semua. Dalam nulis ringkasan itu kita harus bolak-balik ke perpus, siang, sore, malem. Kenapa? Karena proposal harus cepat-cepat di ACC oleh kepala jurusan dan sekretaris jurusan kalau mau sidang tahun itu juga. Gua-pun jadi bergadang lagi tiap malem untuk nyelesain proposal itu.. oh iya ini dia sistematika penulisan proposal / skripsi :

    Gua jadi merasakan lelah jiwa dan raga, sumfeh!!! Beberapa kali gua ngajuin proposal itu, kembali lagi terussss sampai berkali-kali proposal gua gak di ACC !!! Entah salah bar, spasi, gambar, salah tabelnya, salah kata-kata, gak sesuai maksud.. Aaarrghh capek banget dan lelah hati juga pikiran!! Bolak-balik perpus, ngetik sampe jari kapalan, pahamin perusahaan yang kita pilih, bikin diagram, bikin tabel berbiji-biji, ngeprint sampe berlembar-lembar, lalu berhadapan sama sekretaris jurusan dan... proposal kita di corat-coret dengan sadis dan.... lagi-lagi tidak di ACC!! Lebih dari 3 kali gua bolak-balik dan kayaknya pak sekret gak akan ACC kalo belum 3 kali lebih bolak-balik ngadep muka dia, apa kurang afdol gitu??? Terruuuusss begitu sampai kurang lebih satu bulan, lelah fisik dan mental plus materi-pun kering-kerontang. LTapi itu-lah yang harus di hadapi dan harus kita jalani buat mimpi indah kedepannya.

    Lalu, ketika udah capek banget dan mentok, kita melangkah ke ruangan sekretaris dan ngajuin proposal lagi. Udah pasrah aja tuh proposal di corat-coret dengan bringas. Kemudian..... beliau hanya nyoret dikiit banget tuh kata-kata yang salah dalam proposal kita, lalu....... apa yang terjadi??? Beliau tanda tangan di bagian bawah proposal dan nulis : ACC !!!! Ahhh akhirnyaaa!!! Proposal kita di Acc jugaaaa.... Senengnya dapetin tanda tangan beliau itu lebih berkali-kali lipat dari dapetin tanda tangan artis!!! Kita bertiga liat-liatan tuh dan senyum-senyum sumringah gicuu. Begitu keluar ruangan, kita ketawa bahagiaaa bareng-bareng dan foto-foto tanda tangan pak sekret yang buat gua itu indaahhh bener dipandang.. Alhamdulillah..

    Ok enough! Gua sadar gua gak bisa sepenuhnya seneng. Karena ini bukan akhir. Ini justru awal dari perjuangan gua melawan penguji di SIDANG SKRIPSI... Perjuangan yang panjang dan gak gampang, perjuangan yang udah pasti makan waktu, tenaga, pikiran dan materil... Yaa, mau tau kan gambaran sidang skripsi itu kayak apa? Ok lanjut ke PART 2 yaa.. >,^




    |


  2. 0 comments:

    Poskan Komentar