Rss Feed
  1. SHALAT dan DZIKIR

    30 Juli 2014

    Ketika gua merasa lelah, letih, merasa ingin bersandar, dan merasa takut, gua cuma punya 2 obat. Kalo udah mengkonsumsi 2 obat itu, rasanya jadi sembuh, lebih tenang dan lapang. Rasa takut emang masih ada, tapi obat itu yang bikin gua jadi lapang dan selalu yakin pasti ada pertolongan..

    Obat yang pertama adalah SHOLAT.

    Gua emang bukan ustazah yang pinter ngaji, khatam qur'an, hapal hadits, dan sholatnya gak pernah absen.. Gua bukan ahli agama yang bisa lancar terus kalo ngomongin agama berdasarkan sumber..

    Gua juga bukan penceramah dan ahli kitab. Gua gak begitu tau hadist mengenai sholat jadi sebelumnya daripada gua salah, gua gak bisa sok tau disini dengan nyantumin hadits yang gua sendiri belum begitu hafal, gua juga minta maaf kalo ada pembaca yang ingin tau dalil / haditsnya. Gua disini hanya menyampaikan apa yang gua rasain sendiri dan apa yang gua alami aja.

    Gua mau sharing sedikit.

    Sholat 5 waktu emang kewajiban umat islam. Sholat juga sarana umat islam untuk semakin dekat dengan Allah, Rabb kita yang Maha Segala-galanya. Karena jarak terdekat antara seorang hamba dengan Allah adalah ketika bersujud. Tapi buat gua sholat itu rasanya jadi obat penenang paling tokcer dan ampuh

    Waktu gua merasa lelah dan butuh bersandar, gua hanya bisa nangis. Gua emang cengeng dan penakut. Ketika bahu seseorang udah gak bisa ngilangin beban lagi dan rasanya kepala gua juga semakin ingin pecah.. Gua sadar apa yang harus gua lakukan. Gua harus sholat..

    Kenapa sholat? Karena entah mengapa hati gua rasanya lapang dan kepala jadi gak meledak-ledak lagi. Rasanya itu kayak abis curhat sama sahabat, kekasih nomor 1 yang terbaik. Karena seperti yang kita tau, Allah itu gak pernah tidur, Maha melihat lagi Maha mengetahui, Maha mendengar lagi maha Mengabulkan. Kalo kita yakin doa kita akan di ijabah pasti Allah akan mengijabah doa kita..

    Biasanya dalam waktu apapun dan kapanpun ketika gua ketakutan, sedih, butuh bersandar gua pasti menyempatkan diri buat sholat. Kalo waktunya pagi-pagi sholat dhuha, kalo malem yaa pasti sholat isya.. Gua sendiri belum begitu istiqomah mengenai sholat tahajud, tapi insya allah gua mau belajar untuk sholat tahajud.

    Ketika sholat itu, gua sering menumpahkan semuanya sama Rabb yang kita cintai, Allah SWT. Dan pada saat itu pasti segalanya gua curahkan, pengakuan dosa, segala yang menumpuk di kepala, di hati, di pikiran semuanya keluar.. Allah itu jadi teman curhat, kekasih nomor 1 bagi gua.. Dan pasti gua selalu berdoa dan minta di ijabah..

    Untuk yang lagi galau, suntuk, banyak masalah coba curhat sehabis sholat, sembuhkan dengan kelapangan. Jangan lari ke pergaulan yang aneh-aneh, larinya hangout sama temen-temen ke diskotik, buang-buang uang, lari ke minuman-minuman beralkohol, larinya ke segala bentuk maksiat dan keduniawian. Karena coba dipikirin deh, sama aja kan? semua itu gak akan nyelesain masalah. Emangnya semua yang dilakukan itu bisa nolongin kita buat keluar dari masalah??

    Obat yang kedua adalah DZIKIR.

    Dzikir ini, gua pernah baca dalilnya..

    Rasulullah SAW bersabda :

    "Barangsiapa yang bertasbih setiap selesai melakukan shalat sebanyak 33 kali, bertahmid sebanyak 33 kali, dan bertakbir sebanyak 33 kali, maka hal itu berjumlah menjadi 99, dan untuk melengkapi jumlah 100, ia mengucapkan, "La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarika Lahu, Lahul Mulku, Walahul Hamdu Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai-in Qodir’" maka kesalahan-kesalahannya diampuni walau seperti buih di lautan". (HR. Muslim 597).

    Ada beberapa hadis juga dengan bilangan yang tidak sama, ada yang mengatakan 11 kali, 10 kali dan 25 kali. Tapi yang penting kan' ke-istiqomahannya dalam berdzikir..

    Seperti yang sama-sama kita tau, keutamaan berdoa sehabis sholat adalah kelapangan. Dengan berdoa kita meminta pertolongan kepada Rabb kita, Allah SWT. Bahkan gua pernah denger orang yang berdoa itu juga dapet pahala. Sebelum dia berdoa, ketika dia niat buat berdoa, dia juga dapet pahala. Nikmat mana lagi yang kamu ingkari?

    Dzikir itu juga jadi obat nomor 2. Selesai sholat, emang di anjurkan untuk berdzikir. Dzikir dari hati, pikiran dan lisan. Jangan pas dzikir kita malah mikir yang enggak-enggak dan ngelantur kemana-mana. Tapi kalo dzikirnya khusuk, pasti hati juga ikut berdzikir. Emang sih, terkadang gua juga masih suka ngelantur kemana-mana pikirannya, hehehe. Mengucap tasbih, tahmid, takbir sebanyak 33 kali dan tahlil sebanyak 1 kali jadi obat kelapangan dan ketenangan. Dan barang siapa yang benar-benar meminta kepada Allah, memohon bantuan dan pertolongan, menyerahkan segala urusan dan ikhlas pasti Allah akan menolongnya..

    Gua pernah baca juga dengan dzikir segala penyakit bisa disembuhkan. Segala masalah juga pasti bisa di atasi. Kalo dzikir, rasanya abis sholat gak mau cepet-cepet lepas mukenah, pasti selalu pengen yang lamaaa dan banjirlah kedua mata.. Alhamdulillah hati jadi lebih lapang dan tenang..

    Kalo gua udah bener-bener stress dan kepala gua jadi sakit, gua selalu sempetin dzikir sebelum tidur pake tasbih.. Daripada kita malah lari ke yang aneh-aneh. Mendingan kita minta bantuan, pertolongan sama Dzat yang Maha penolong dan pasti akan membantu kita..

    Gua hanya sekedar sharing aja apa yang gua rasain dari 2 obat tersebut..

    Semoga Allah mengijabah semua doa-doa kita.. Amiin ya Rabb..

    |


  2. 0 comments:

    Poskan Komentar